KOTAK Band

KOTAK

Kotak adalah band beraliran pop-rock yang terbentuk dari ajang Dream Band pada tahun 2004.

Biografi Kotak

Kotak terbentuk tanggal 27 September 2004 dalam acara The Dream Band.Berawal dari ajang Dream Band tahun 2004 silam, Kotak lahir dibidani salah seorang personel Kahitna, Doddy, yang bertindak sebagai produser. Saat itu, Doddy melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis.

Audisi tersebut cukup mendapatkan respons dari musisi remaja yang ingin mencoba peruntungannya di industri musik. Sebanyak 400 orang vokalis, 170 bassist, ratusan gitaris, dan ratusan drummer menjejali tempat audisi. Setelah melakukan audisi dengan mempertimbangkan berbagai format penilaian, terpilihlah 2 vokalis, 2 bassist, 3 gitaris, dan 2 drummer. Musisi muda terpilih itu kemudian diramu lagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan “Lima” yang personelnya lima orang.

Arti Nama

Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik.

Pare dan Icez Keluar

Formasi band Kotak saat itu bukan seperti yang ada sekarang. Formasi grup band Kotak pertama kali diisi oleh Cella (gitar), Icez (bas), Pare (vokal), dan Posan (drum). Mereka kemudian merilis album pertama berjudul Kotak.

Pada tahun 2007, Icez dan Pare ternyata memutuskan keluar dari band. Posisi yang kosong kemudian digantikan oleh Tantri pada vokal dan Chua pada bas. Mereka kemudian merilis album keduanya berjudul Kotak Kedua pada tahun 2008.

Menurut Tantri, dirinya sempat canggung ketika pertama bergabung dalam band ini. “Karakter vokal Pare sudah melekat di Kotak, aku sempat bingung mau nerusin karakter Pare atau sendiri saja. Tetapi, setelah sering main bareng dan latihan, aku mutusin untuk pakai karakter sendiri,” katanya.

Ternyata formasi band baru di album kedua tersebut membawa kesuksesan bagi band Kotak untuk lebih berkibar di industri musik Indonesia. Tidak hanya ring back tone (RBT) yang sudah terjual satu juta. Performa mereka yang memukau di panggung membuat Kotak laris mendapatkan tawaran tur ke berbagai daerah di Indonesia.

Posan Keluar

Posan keluar dari band Kotak. Drummer yang sudah bermain bersama Kotak selama tujuh tahun itu resmi meninggalkan Kotak yang kini hanya tersisa Cella, Tantri dan Chua.

Peraih drummer terbaik versi SCTV Award ini menolak alasan keluar dirinya dari Kotak karena adanya konflik internal. Menurut Posan dia sedang fokus dengan Winner, band side-project miliknya. Selain itu Posan sedang sibuk menangani band bernama The Sign. Kesibukan luar biasa yang dijalani Posan membuat dia harus memilih untuk keluar dari Kotak.

Penghargaan

Tidak hanya di bidang penjualan, berbagai trofi pun berhasil diraih grup band ini di berbagai ajang penghargaan musik. Pada Anugerah Musik Indonesia ke-12, mereka meraih penghargaan untuk kategori Solo/Duo/Grup Rock Terbaik. Album mereka Kotak Kedua juga diganjar penghargaan kategori Album Rock Terbaik.

Mereka juga sukses menyabet kategori Grup/Duo Pendatang Baru Terbaik versi Anugerah Planet Musik (APM) 2009. Terakhir MTV Indonesia Awards menobatkan mereka sebagai Most Favourite Breakhtrought Artist 2009.

Meskipun sukses berada di posisi saat ini, personel Kotak berharap bahwa hal itu belum merupakan puncak dari perjalanan mereka. Masih banyak mimpi yang ingin mereka raih untuk tetap eksis di industri musik. Setidaknya mereka kini telah melewati loncatan pertama mereka dari dream band menuju real band.

Diskografi Kotak

Album

  • Desember 2004: The Dream Band “Delapan” (Album Kompilasi) Produksi : Hai Music Record/Malta Music Indonesia
  • Mei 2005: Kotak Produksi : Hai Music Record/Musica Studio Publishing
  • Mei 2008: Kotak Kedua Produksi : Warner Music Indonesia/WEA International
  • September 2010: Energi Produksi : Warner Music Indonesia/WEA International

PROFIL PERSONIL KOTAK

> TANTRI “KOTAK”

TANTRI

Biografi :

Lahir di Tangerang, 9 Agustus 1989, lady rocker bernama asli Tantri Syalindri Ichlasari ini mengawali karir musiknya dari sebuah band Ares asal Jakarta, salah satu finalis ajang band yang diadakan oleh salah satu stasiun televisi swasta, THE DREAM BAND yang digelar tahun 2004.
Dari ajang inilah terbentuk nama Kotak dengan komposisi Tantri pada vokal, Prinzes Amanda pada bas, Mario Marsella, sebagai gitaris, dan Haposan Haryanto Tobing sebagai drummer.
Vokal Tantri yang khas, gahar serak, dan terdengar seksi, segera menarik minat para penikmat musik Indonesia. Tantri dan bandnya, Kotak segera menggebrak panggung musik Indonesia dengan genre musik modern rock bernuansa gothic yang sedikit berbeda.
Lagu-lagu mereka yang berkarakter khas cukup diminati. Beraksi adalah single pertama yang melambungkan namanya. Pada lagu ini vokal Tantri terdengar pas dan menggebrak. Begitupun single selanjutnya, Tinggalkan Saja.
Agak berbeda dengan dua single sebelumnya, Tantri yang mengaku menggemari Arman Maulana ini menyanyikan lagu Bayang Abadi dengan rock yang mellow namun tetap berkarakter Kotak.
Tak banyak yang tahu kisah asmara cewek yang akrab disapa Pare ini. Tantri kerap menjalin cinta dengan para personel band yang memang berprofesi sama dengannya. Saat mengikuti kompetisi THE DREAM BAND, Tantri terlibat cinlok dengan Richie Five Minute yang saat itu masih menjadi vokalis Ankara band, Bandung. Hubungan mereka bertahan satu setengah tahun. Namun akhirnya putus karena kesibukan masing-masing.
Saat ini putri pasangan Dally Syanabar dan Supriyati ini dikabarkan tengah menjalin kasih dengan vokalis band asal Madiun, Hatna Danarda. Cewek satu ini termasuk tahan berhubungan jarak jauh karena sang pacar tinggal di kota lain.
Menjadi pendatang baru, Tantri terbilang sukses membawa bandnya mendulang prestasi. Pada 2009, vokalis cantik ini berhasil membawa Kotak menjadi Pemenang Grup Rock Terbaik dan Album Rock Terbaik dalam ajang AMI 2009. Tak hanya itu, mereka juga mendapat predikat Grup Pendatang Baru terbaik versi Anugerah Planet Musik 2009 dan meraih Most Favourite Breakthrough Artist 2009 dari MTV Indonesia Awards. Meskipun batal, Kotak sempat dijadwalkan sebagai band yang tampil di kedubes Amerika untuk menyambut kedatangan Obama di Indonesia.

> CHUA “KOTAK”

chua

Biografi :
Swasti Sabdastantri, atau yang biasa dipanggil Chua adalah bassist salah satu band ternama Indonesia, Kotak. Chua lahir di Makassar, 3 April 1988.
Chua sudah mengenal dan tertarik dengan musik sejak dirinya duduk di bangku SMP di Makassar. Hal ini tidak lepas dari pengaruh sang kakak yang sudah lebih dulu terjun sebagai musisi. Chua pernah pindah ke Surabaya dan tampil di televisi lokal dan beberapa kafe.
Chua adalah bassist Kotak yang ketiga, setelah Prinzes ‘Icez’ Amanda yang menjadi personil The Rock Indonesia (T.R.I.A.D) dan Nissa Hamzah, yang menjadi personil Omelette.
Penampilan Chua yang cantik dan keahliannya membetot bass memberikan warna baru pada Kotak, juga merupakan salah satu magnet fans buat Kotak.
Chua memikat hati manajer sebuah band bernama V-Mail (yang salah satu personilnya adalah Mitha The Virgin) saat dirinya tampil bersama sebuah band di kampusnya. Chua sempat bergabung dengan V-Mail sebelum akhirnya manajemen Kotak memintanya bergabung dengan album Kotak yang kedua.

> CELLA “KOTAK”

CELLA

Biografi :

Cella Kotak adalah gitaris salah satu band papan atas Indonesia, Kotak. Pria yang bernama lengkap Mario Marcella ini adalah salah satu personil Kotak yang paling konsisten.
Terbukti, sejak menjadi pemenang di ajang Dream Band, Cella dan Posan (drummer) setia menggawangi Kotak walaupun personil lainnya berubah-ubah, sampai sekarang digawangi Cella, Posan, Tantri, dan Chua.
Cella sendiri banyak dipuja fansnya selain karena skill/teknik gitar yang handal tapi juga kemampuan mengolah sound gitarnya. Cella dikenal sebagai pribadi yang kalem dan tidak banyak bicara.
Namun, kabar tidak sedap sempat terjadi padanya, ketika pada pertengahan Agustus 2010 dirinya terlibat pengeroyokan bersama Lucky Perdana kepada Sony Prakoso, personil band Bevlyen. Motif Cella ikut-ikutan mengeroyok Sony pun belum terungkap, karena sampai akhir Agustus kasus ini masih dalam pemeriksaan pihak berwajib.
Pada 8 September 2010, Cella resmi dinyatakan sebagai tersangka atas kasus pengeroyokan kepada Sony Prakoso, bersama Lucky Perdana. Adanya saksi sejumlah 5 orang membuat pihak berwajib merasa cukup untuk menahan Cella, yang seharusnya akan menjalani pemeriksaan, sekaligus konfrontir dengan beberapa orang.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kotak_grup_musik

kapanlagi.com

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s